Berita Transformasi

Home » Trends Update » Berita Transformasi

Transformation Office Melakukan Diseminasi Program Transformasi Waskita untuk SVP, VP, Manager & Officer

Jakarta, 11 Oktober 2021, Tim Transformation Office telah menyelenggarakan Diseminasi Program Transformasi Waskita untuk kesekian kalinya, sasaran pada diseminasi kali ini yaitu Para SVP, VP, Manager dan seluruh officer Corporate Office dan Unit Bisnis. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 08 Oktober 2021 melalui virtual zoom meeting.

Diseminasi Program Transformasi ini dijelaskan langsung secara lengkap oleh Board of Director HCM & System Development dan juga selaku Chief Transformation Office yaitu Bapak Hadjar Seti Adji. Beliau menjelaskan beberapa hal mengenai Program Transformasi yaitu mengenai Gambaran Umum Transformasi, KPI Transformasi, Pilar Transformasi meliputi Portfolio & Innovation, Lean, Digital, serta Dashboard KPI.

Di awal presentasi, Pak Hadjar Seti Adji memutarkan video mengenai Penjelasan analogi Burung Elang yang bertransformasi dengan cara yang menyakitkan dengan mematahkan paruhnya hingga tumbuh kembali. Ketika paruhnya sudah tumbuh kembali, digunakan untuk mencabuti kuku dan bulunya hingga menjadi elang baru yang sudah siap menjadi elang yang sangat lincah dan sangat kuat seperti di masa jayanya. Analogi elang ini seperti situasi yang sedang dihadapi oleh Perusahaan dimana sebelumnya menjadi perusahaan jasa konstruksi terbesar, terkuat dengan aset yang luar biasa, laba yang luar biasa tetapi saat ini sedang menghadapi situasi yang tidak biasa dan sulit. Kemampuan kompetisi yang turun, kemampuan cash flow yang turun dan banyak hal yang membuat Perusahaan tidak lincah lagi. Dan disinilah saatnya PT. Waskita Karya melakukan Transformasi untuk kembali menjadi pemimpin di era dan lingkungan kita. Proses Transformasi yang sedang dijalani akan terasa sulit dan mengalami situasi yang tidak nyaman seperti approval proses bisnis yang tidak hanya dari internal saja tetapi juga harus dari eksternal dan berbagai pihak, dukungan dari vendor, subkontraktor yang tidak maksimal dan cenderung menurun dan situasi ini menyebabkan para kompetitor mempunyai kesempatan lebih kuat dalam bersaing mendapatkan Proyek – Proyek yang baru. Program Transformasi Waskita diharapkan bisa menjadikan PT. Waskita Karya kembali menjadi “A True Leader of the Nature”.

Selanjutnya dijelaskan mengenai Gambaran Umum Transformasi & KPI Transformasi mengenai Framework 8 Stream Penyehatan Keuangan, Tujuan Transformasi serta 3 pilar transformasi yang menopang dan juga 18 Breakthrough Program Transformasi. Kemudian dijelaskan juga bagaimana Transformasi ini dilakukan dalam 3 fase dan Milestone Transformasi di tahun 2021 serta KPI Transformasi untuk menunjang dan mendorong Program Transformasi.

Pilar utama dalam Program Transformasi di level Corporate Office dan Unit Bisnis yaitu Portfolio & Innovation serta Lean dan Digital. Tercapainya Portfolio dari target didukung oleh Winning War Room dan Procurement Booster dengan terus melakukan inovasi dalam mencari peluang pasar. Sedangkan Lean di bidang sumber daya manusia dan Digitalisasi untuk mendukung setiap Proses Bisnis Waskita Karya.

Beberapa kegiatan yang sudah tercapai dalam Proses Transformasi seperti Master Restructuring Agreement dengan Bank serta Divestasi Jalan Tol.

Terakhir dijelaskan mengenai Dashboard KPI Transformasi di Corporate Office dan Unit Bisnis sebagai monitoring KPI Transformasi di setiap bulan. Corporate Office dan Unit Bisnis akan melaporkan Transformation Dashboard sebagai dampak atas kontribusi yang telah dilakukan dalam Program Transformasi ini.

Hal yang sangat menarik pada Acara Diseminasi Program Transformasi ini yaitu sesi tanya jawab dimana para peserta dapat bertanya mengenai apapun dan secara khusus mengenai Program Transformasi. Momen yang sangat langka ini di manfaatkan oleh Para Peserta untuk berkomunikasi secara langsung dengan Director of HCM & System Development serta selaku Chief Transformation Office Bapak Hadjar Seti Adji mengenai Program Transformasi ini dan langsung dijawab oleh Chief Transformation Office.

Dalam Closing Statementnya, Bapak Hadjar Seti Adji berharap implementasi mengenai Portfolio & Innovarion, Lean dan Digital dapat dilakukan dengan sangat baik dan berdampak sangat besar terhadap keberhasilan Transformasi di Waskita.

Dibagikan ke:

Waskita Initiative & Innovation Monitoring System (WIIMS)

Selengkapnya »

Recent Post 

Waskita Komitmen Jalankan Transformasi Terapkan Lean Construction pada Proyek Jaringan Irigasi Sungai Citarum

Selengkapnya »

Ask Me Anything 

Email: transformation.office@waskita.co.id

“Transformasi Waskita,
Berawal Dari Kita,
Untuk Kita,
Demi Kejayaan Waskita,
Kami siap melangkah untuk
INDONESIA”